Tarian Sigale Gale

Tarian Sigale Gale

Tarian Sigale Gale adalah salah satu kesenian tradisional masyarakat suku Batak di Samosir, Sumatera Utara.

Sigale-gale sendiri merupakan sebuah boneka berbentuk manusia yang dapat digerakan serta menari dengan diiringi oleh musik tradisional.


Tarian Sigale Gale


Tarian Sigale Gale

Tarian Sigale Gale ini termasuk salah satu kesenian tradisional yang cukup terkenal di Sumatera Utara, terutama di daerah Samosir.

Tarian Sigale Gale biasanya sering ditampilkan di berbagai acara seperti acara adat, acara budaya, bahkan menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang datang ke sana.

Sebelum Lanjut Baca Juga : Paket Tour Medan

Sejarah Tarian Sigale Gale

Menurut sejarahnya, boneka sigale-gale sendiri diperkirakan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Konon boneka tersebut berawal dari cerita seorang raja di Samosir yang kehilangan anak satu-satunya yang telah meninggal.

Oleh karena itu raja pun sangat bersedih dan merasa sangat terpukul mengingat bahwa dia adalah anak satu-satunya dan pewaris dari keturunan raja tersebut.

Karena kesedihan yang mendalam membuat raja jatuh sakit. Berbagai pengobatanpun diberikan kepada raja, namun tidak mampu menyembuhkan penyakitnya.

Kemudian para penasehat raja menyarankan untuk dibuatkan patung kayu yang menyerupai wajah anak raja.

Setelah patung tersebut jadi, kemudian dilakukan beberapa upacara termasuk pemanggilan arwah anak raja agar masuk ke dalam patung tersebut, kemudian patung tersebut ditunjukan pada raja.

Ajaibnya setelah raja melihat patung tersebut raja langsung sembuh dan dapat memimpin rakyatnya kembali.

Walaupun cerita ini masih belum bisa dipastikan kebenariannya, namun masyarakat di sana, mempercayai cerita tersebut sebagai sejarah adanya boneka serta Tari Sigale-Gale ini.

Kami Menyediakan Paket Wisata Danau Toba Murah Lengkap Dengan Kunjungan Ke Patung Sigale Gale : Paket Wisata Danau Toba Samosir 5D4N

Paket Wisata Danau Toba Samosir 5D4N

Fungsi Dan Makna Tarian Sigale Gale

Dalam tradisi masyarakat Batak di Samosir, Tari Sigale-Gale biasanya dilakukan pada upacara kematian, terutama saat laki-laki meninggal.

Menurut kepercayaan masyarakat di sana, tarian ini dilakukan untuk mengantar arwah mendiang yang meninggal.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, tradisi ini mulai jarang dilakukan, sehingga keberadaan boneka sigale-gale pun mulai berkurang.

Walaupun begitu, untuk menjaga serta melestarikan tradisi dan budaya mereka, Tari Sigale-Gale ini kemudian dikembangkan sebagai tarian pertunjukan.

Dan sering ditampilkan di berbagai acara adat maupun budaya, bahkan menjadi salah satu daya tarik wisata bagi para wisatawan yang datang ke sana.

Bagi Anda Yang Sedang Di Danau Toba Butuh Penginapan Murah Di Danau Toba,Ini Dia : Danau Toba International Cottage

Danau Toba International Cottage

Pertunjukan Tarian Sigale Gale

Dalam pertunjukannya, boneka sigale-gale biasanya dimainkan oleh beberapa orang dengan cara memegang tali untuk menggerakkan boneka tersebut.

Dengan diiringi musik tradisional boneka tersebut digerakan seperti menari layaknya manusia.

Selain itu dalam pertunjukan Tari Sigale-Gale ini juga terdapat beberapa penari yang menari mengikuti boneka sigale-gale tersebut.

Pertunjukan Tari Sigale-Gale biasanya ditampilkan dalam durasi kurang lebih 1 jam dengan beberapa penyajian tari yang unik dan sangat khas.

Salah satu keunikan dari tarian ini adalah ketika boneka sigale-gale dimainkan, gerakannya bahkan menyerupai gerakan manusia.

Hal ini dikarenakan kerangka pada boneka tersebut memang dibuat seperti persendian pada tubuh manusia, sehingga boneka tersebut dapat bergerak lebih luwes seperti gerakan manusia.

Gerakan dalam Tari Sigale-Gale ini cukup bervariasi, gerakan tersebut diantaranya seperti gerakan tor-tor dan beberapa gerakan tari tradisional Batak lainnya.

Baca Juga : Paket Wisata Danau Toba 2 Hari 1 Malam

Pengiring

Dalam pertunjukan Tari Sigale-Gale biasanya diiringi oleh musik tradisional yang sering disebut dengan musik gondang.

Musik gondang sendiri biasanya terdiri dari suling, gendang, dan gong. Iringan musik tersebut tentunya dimainkan sesuai dengan gerakan para penari.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, banyak juga yang lebih memilih menggunakan musik rekaman, karena dianggap lebih praktis dan tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya.

Walaupun begitu, masih banyak juga beberapa seniman yang masih mempertahankan musik tradisional sebagai musik pengiringnya, karena dirasa lebih murni dan kesan seni serta tradisionalnya lebih terasa.

Ingin Berkunjung Ke Medan Danau Toba? Bingung Harus Pakai Jasa Travel Agent Yang Mana? Ini Dia Travel Agent Terbaik Di Medan : Enjoy Holiday Medan

Enjoy Holiday Medan

Kostum

Untuk kostum yang digunakan dalam pertunjukan Tari Sigale-Gale biasanya menggunakan busana tradisional khas Batak Samosir, lengkap dengan kain ulos yang menjadi ciri khasnya.

Selain para penari, boneka kayu sigale-gale juga dilengkapi dengan busana tersebut.

Sehingga terlihat seperti layaknya manusia dan terlihat serasi dengan penari yang mengiringinya.

Perkembangan

Dalam perkembangannya, Tari Sigale-Gale masih terus dilestarikan dan dikembangkan hingga sekarang.

Walaupun sudah jarang ditampilkan sebagai bagian pada upacara adat tertentu, namun tarian ini masih sering ditampilkan di berbagai acara yang bersifat pertunjukan, seperti festival budaya maupun promosi pariwisata.

Berbagai kreasi dan variasi juga sering ditampilkan di setiap pertunjukan Tari Sigale-Gale ini agar terlihat menarik, namun tidak meninggalkan keaslian serta ciri khasnya.

Hal ini tentu dilakukan sebagai usaha dalam melestarikan serta mengenalkan kepada generasi muda dan masyarakat luas akan Tari Sigale-Gale ini.

Sekian pengenalan tentang “Tari Sigale-Gale Kesenian Tradisional Dari Sumatera Utara”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kesenian tradisional di Indonesia.

Sumber :

petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id dan beberapa sumber lainnya

Travel Medan Samosir

paketwisatadanautoba.com adalah travel medan  yang focus melayani paket wisata medan, paket tour danau toba ,paket wisata danau toba dari silangit,tour danau toba,paket tour dari medan ke danau toba,rental mobil medan,rental hiace medan, ,wisata rohani medan,lake toba tour,wisata malam medan,city tour medan,wisata kuliner medan,paket tour taman simalem resort dan open trip danau toba.

 

 

Tour medan yang kami kemas benar-benar berbeda dari yang lainnya. Program tour flexible dan menarik,mengunjungi destinasi wisata danau toba dan objek wisata sumut hits. Mulai dari paket wisata danau toba 1 hari , 2 hari dan seterusnya.

 

Jalan ke danau toba saat ini sudah jauh lebih menyenangkan dibanding beberapa tahun lalu, bagaimana tidak? Bandara kualanamu dengan fasilitas lengkap dan jalan tol dari medan ke tebing tinggi menjadikan perjalanan medan danau toba bebas dari macet,selain bebas macet kita jugak akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah dan perkebunan kelapa sawit dan karet yang sangat luas.

 

Jadi buat teman-teman yang sering bertanya medan ke danau toba berapa jam,jawabannya boleh kita katakana 4 jam kurang lebih, dan akan jauh lebih cepat lagi di kemudian hari manakala jalan tol menuju siantar telah kelar dibangun.

 

Tour danau toba yang kami sajikan sudah termasuk penginapan hotel,makan,transportasi,guide tour,entrance fee dan lain-lainnya. Kami senantiasa menggunakan hotel terbaik di danau toba , nyaman,aman dan bersih.

 

Contoh program tour yang kami tawarkan dan menjadi paket tour medan paling laris manis di masa pandemic ini, yakni paket wisata danau toba 2 hari 1 malam. Paket 10 orang hanya 800 ribu per orang sudah termasuk semuanya. Info lebih lanjut whatsapp 085270126984.

 

Paket tour danau toba bisa jadi referensi paket perjalanan wisata bapak ibu setelah vaksinasi covid19. Danau toba merupakan daftar tempat wisata yang harus dikunjungi,selain semakin banyaknya spot-spot kece menikmati keindahan danau toba marak jugak pembangunan hotel-hotel berbintang dengan fasilitas lengkap dan mumpuni di Kawasan danau toba.

 

Rute wisata danau toba yang kami tawarkan sangat menarik dan program tour flexible. Mengunjungi bukit indah simarjarunjung,air terjun sipiso piso tongging,danau toba,objek wisata danau toba dan tempat wisata hits di sumatera utara.

 

kami menggabungkan antara wisata alam dan wisata budaya,sembari tour medan danau toba bapak bisa menikmati makanan khas danau toba dan mengenal kebudayaan suku batak toba,wisata kuliner medan dan berburu souvenir unik danau toba dan ole ole khas medan.dan malamnya boleh menikmati wisata malam medan.

 

 

Sebagai travel agent medan yang turut serta memajukan pariwisata danau toba sumatera utara,kami  juga melayani tour danau toba dari silangit, kunjungan kerja ke medan,paket outbound medan,one day trip danau toba ,paket outbound medan,paket meeting medan dan rental mobil medan.

 

Tentu sangat banyak agent tour medan yang menawarkan pilihan travel ke danau toba dengan berbagai variasi harga,tapi percayalah! Enjoy holiday medan yang benar-benar bisa memberikan harga terbaik dan berkwalitas.

Comments

Paket Wisata Danau Toba Murah

Paket Wisata Danau Toba Fullboard 2021

Paket Wisata Danau Toba 2 Hari 1 Malam

Open Trip Danau Toba

Taman Simalem Resort

Paket Wisata Medan Danau Toba 4H3M

Paket Wisata Taman Simalem Resort 3H2M

Tour Danau Toba 1 Hari